Bupati Anne Ajak Provinsi Jabar Dorong Kampung Nila Purwakarta Jadi Pusat Budidaya Ikan Tawar Nasional

 

Purwakarta – targetjurnalis.id-Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan terus mengembangkan potensi besar Kampung Nila Nirwana sebagai salah satu pusat pengembangan budi daya ikan air tawar berkualitas tinggi. Langkah itu akan ditempuh dengan mengajak kerjasama pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemilik Kampung Nila tersebut.

“Kita akan bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat, kita ingin terus mengembangkan Kampung Nila Nirwana menjadi salah satu pusat budi daya ikan air tawar terkemuka di Jawa Barat bahkan nasional. Kita ingin mengembalikan Kabupaten Purwakarta dan Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu kekuatan utama penghasil ikan air tawar di Indonesia,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Jumat 28 April 2023,

Menurut orang nomor satu di Purwakarta itu, langkah pengembangan Kampung Ikan Nirwana merupakan upaya untuk menangkap peluang dari permintaan benih dan ikan yang masih sangat besar. “Itu potensi nilai ekonominya sangat tinggi sehingga bisa membantu percepatan kesejahteraan bagi masyarakat pedesaan,” kata Bupati Anne.

Kampung Nila Nirwana merupakan pusat pengembangan budi daya khusus ikan Nila (Oreochromis niloticus). Lokasinya berada di Desa Nagrog, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Kampung Nila merupakan program pembuidayaan ikan nila milik Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan melalui Badan Penelitian Benih Ikan (BPBI) Wanayasa. Pengembangan Kampung nila juga mendapatkan dukungan penuh Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP).

Saat ini, luas areal Kampung Nila Nirwana mencpai 25 hektar. Dari luas itu, yang sudah dimanfaatkan untuk pembudidayaan ikan baru seluas 10 hektar saja.

“Untuk itu kita ingin terus dorong pengembangannya sehingga produksinya akan terus meningkat. Peluang dari usaha budi daya ikan itu harus kita manfaatkan dengan baik. Untuk bisa mewujudkannya saya akan minta arahan dari Pak Gubernur Jawa Barat. Semoga langkah ini bisa segera terlaksana. Saya optimis Pak Gubernur akan mendukung penuh rencana ini,” kata Bupati Anne.

Besarnya potensi Kampung Nila Nirwana bisa dilihat dari terus meningkatnya kapasitas produksi benih ikan Nila berkualitas tinggi. Selama tahun 2022 saja, produksi benih ikan mencapai 240 juta hingga 360 juta benih, dengan nilai mencapai Rp. 3,6 milyar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *