Pemkab Purwakarta Sabet Penghargaan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

 

Purwakarta, targetjurnalis.id

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disipusda) meraih penghargaan sebagai Penggerak Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan itu diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat karena Pemkab Purwakarta telah menggulirkan Lima Program Perpustakaan Unggulan (Lipperpul). Beberapa diantaranya, berupa penyediaan layanan perpustakaan berbasis digital yang bisa diakses melalui smartphone.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengurai kelima program unggulan tersebut, diantaranya; Maca Rame-rame Ngangge Digital (Maranggi). Layanan ini, merupakan pengembangan lain dari layanan perpustakaan berbasis teknologi.

“Kemudian ada gerakan untuk literasi mandiri (Getuk Lindri). Lalu ada program sumber informasi melalui pelayanan perpustakaan keliling (Simping), selanjutnya ada program pelayanan hari minggu (Pala Manggu) dan terakhir ada program yang diberi nama Ngala Manggu atau ngabuka layanan Sabtu jeung Minggu,” kata Ambu Anne, Rabu 01 Maret 2023.

Menurutnya, penghargaan ini diharapkan dapat menjadikan perpustakaan di Kabupaten Purwakarta bisa menjadi pusat pemberdayaan masyarakat dan dapat menjadi tempat aktivitas untuk melatih keterampilan.

“Tujuannya, tidak hanya menjadikan masyarakat Purwakarta cerdas, tetapi juga sejalan dengan peningkatan sejahtera melalui koleksi life skill yang ada di setiap perpustakaan di Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *