Puluhan Ribu Pelamar Kerja Serbu Purwakarta Job Fair 2023

 

Purwakarta-targetjurnalis.id-

Job Fair 2023 sukses menarik perhatian puluhan ribu pencari kerja. Mereka datang menyerbu untuk berburu ribuan slot lowongan pekerjaan yang disediakan dalam kegiatan yang telah berlangsung sejak 23 Mei hingga 25 Mei kemarin.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, besarnya antusiasme para pencari kerja itu menunjukan kegiatan semacam Purwakarta Job Fair 2023 harus lebih sering diselenggarakan.

“Besarnya jumlah pencari kerja tidak tertampung oleh slot lowongan kerja yang tersedia. Kondisi ini harus kita carikan solusinya. Sebaiknya, kegiatan semacam ini intensitasnya terus ditambah,” kata Bupati Anne, Jumat 26 Mei 2023.

Data dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta menyebutkan, sebanyak 38.979 pencari kerja mengajukan lamaran pekerjaan dalam Purwakarta Job Fair 2023.

Dari jumlah itu, 37.022 orang melamar pekerjaan untuk pekerjaan di dalam negeri, sementara 1.957 orang mengajukan lamaran untuk penempatan kerja di luar negeri.

Sementara jumlah slot lowongan pekerjaan yang tersedia pada Purwakarta Job Fair sebanyak 3.057 lowongan kerja, yang terdiri dari 1.181 lowongan kerja di dalam negeri, sedangkan untuk penermpatan kerja di luar negeri sebanyak 1.876 lowongan kerja.

Lowongan kerja ke luar negeri meliputi sejumlah negara di Eropa, yakni Slovakia, Rumania, dan Polandia. Tujuan kerja lainnya adalah sejumlah negara raksasa ekonomi di Asia, yakni Jepang, Taiwan dan Hongkong.

Satu tujuan lainnya adalah negara ekonomi maju di Timur Tengah, yakni Arab Saudi. Sementara dua negara yakni Singapura dan Malaysia, juga menjadi negara tujuan lain penempatan kerja.

Melihat sangat besarnya jumlah para pencari kerja, Bupati Anne Ratna Mustika meminta Disnakertrans Purwakarta untuk menyusun langkah strategis lainnya agar antusiasme para pencari kerja bisa tertangani dengan baik.

“Saya minta Disnakertrans kembali menyusun langkah sehingga persoalan lapangan kerja bisa dicarikan solusi-solusi terbaiknya,” kata Bupati Anne.

Orang nomor satu di Purwakarta itu juga meminta Disnakertrans berkoordinasi dengan instansi lain untuk bisa mencari langkah strategis dalam menekan angka pengangguran di Purwakarta.

“Pelaksanaan Job Fair seperti ini harus dibarengi dengan langkah lainnya sehingga angka pengguran bisa ditekan,” kata Bupati Anne.

Seperti diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus berusaha mengurangi angka pengangguran. Sejumlah langkah terus ditempuh, termasuk membuat program yang bisa membuka kesempatan kerja lebih luas.

Salah satunya adalah dengan membuka ribuan peluang kerja bagi masyarakat melalui penyelenggaraan Purwakarta Job Fair 2023.

“Kita terus menerus berupaya untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan berbagai program dan kegiatan, baik dengan anggaran APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN Nasional,” kata Bupati Anne.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *