Tanggulangi Dampak Puting Beliung Bojong, Pemkab Purwakarta Lakukan Mitigasi Bencana

 

Purwakarta-targetjurnalis.id-Selain membawa para korban reruntuhan rumah ke pusat layanan kesehatan terdekat. Pasukan penangulangan bencana yang diterjunkan Pemda Purwakarta juga membersihkan sisa-sisa reruntuhan pohon yang menghalangi jalur lalulintas.

Selain itu, jajaran BPBD dan para pihak terkait lainnya juga mendirikan pokso-posko bantuan untuk para korban bencana di desa yang terdampak. Termasuk membuka dapur umum.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika disela monitoring lokasi bencana angin puting beliung di Kecamatan Bojong, Senin 03 April 2023.

Diketahui, sebanyak 155 rumah rusak akibat hujan lebat disertai angin puting beliung yang menyapu Kecamatan Bojong, pada Minggu 2 April 2023, kemarin. Sebanyak sembilan desa terdampak bencana tersebut.

“Kita terjunkan seluruh personil BPBD, Dinsos dengan Tagana-nya, Kesra untuk rutilahu-nya serta relawan untuk bersama-sama dengan warga membantu para korban bencana angin puting beliung. Bantuan sembako juga kita sertakan,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, pasukan dan peralatan siaga darurat bencana hidrometeorologi ini merupakan bagian dari mitigasi bencana yang memiliki sejumlah tujuan, diantaranya untuk mengenali resiko, penyadaran akan resiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya. Mitigasi ini adalah upaya mulai dari pencegahan sebelum suatu bencana terjadi sampai dengan penanganan usai suatu bencana terjadi.

“Kami telah melakukan assament bersama BPBD Purwakarta, dibantu dengan TNI-Polri serta kepala desa. Untuk data sementara, ditemukan 155 rumah yang terdampak dengan klasifikasi rusak ringan, sedang dan berat. Tadi kita juga menyerahkan bantuan yang dibutuhkan oleh warga. Selain sembako, ada kebutuhan sandang warga dan terpal untuk beberapa warga yang membutuhkan, sambil mendata warga yang terdampak bencana,” kata Ambu Anne.

Jajaran Pemkab Purwakarta juga tengah melakukan pendataan terhadap rumah yang mengalami kerusakan. “Saat ini kami membangun posko di setiap kantor desa yang terdampak di Kecamatan Bojong ini. Hal itu dilakukan melakukan pendataan serta pantaun langsung terhadap kondisi masyarakat terdampak angin puting beliung,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *